PEMUDA & SOSIALISASI

Potensi-Potensi Generasi Muda


Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda perlu dikembangkan adalah :

a. Idealisme dan daya kritis
    secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatan yang ada, maka ia dapat melihat kekurangan dalam      tatanan dan secara wajar mampu gagasan baru


b. Dinamika dan kreatifitas
    adanya idealisme pada generasi muda, maka generasi muda memiliki potensi kedinamisan dan kreatifitas yakini kemampuan dan kesediaan untuk mengadakan perubahan, pembaharuan dan penyempurnaan kekurangan - kekurangan yang ada atau pun mengemukakan gagasan - gagasan / alternatif yang baru sama sekali.


c. Keberanian mengambil resiko
     perubahan dan pembaharuan termasuk pembangunan, mengandung resiko dapat meleset, terhambat atau gagal. namun mengambil resiko itu adalah perlu jika kemajuan ingin di peroleh.


d. Optimis dan kegairahan semangat
    kegagalan tidak menyebabkan generasi muda patah semangat. optimisme dan kegairahan tidak semangat yang dimiliki generasi muda akan merupakan daya pendorong untuk maju lagi. 
e. Sikap kemandirian dan disiplin murni
    generasi muda memiliki keinginan untuk selalu mandiri dalam sikap dan tindakannya. sikap kemandirian itu perlu di lengkap dengan kesadaran disiplin murni pada dirinya, agar dengan demikian mereka da[at menyadari batas - batas yang wajar dan memiliki tenggang rasa. f. Terdidik
    walaupun dengan memperhitungkan faktor putus sekolah, secara menyeluruh baik dalam arti kuntitatif maupun dalam arti kuanlitatif generasi muda secara relatif lebih terpelajar karena lebih terbukanya kesempatan belajar dan generasi - generasi pendahuluannya.


g. Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
    keanekaragaman generasi muda merupakan cermin dari keanekaragaman masyarakat kita. keanekaragaman tersebut dapat merupakan hambatan jika hai itu dihayati secara sempit dan eksklusif.


h. Patriotisme dan nasionalisme
    pemupukan rasa kebanggaan, kecintaan dan turut serta memiliki bangsa dan negara di kalangan generasi muda perlu lebih digalakan, pada gilirannya akan mempertebal semangat pengabdian dan kesiapannya untuk membela dan mempertahankan bangsa dan negara dari segala bentuk ancaman.


i. Sikap kesatria
   kemurnian idealisme, keberanian, semangat pengabdian dan pengorbanan serta rasa tanggung jawab sosial yang tinggi adalah unsur - unsur yang perlu di pupuk dan dikembangkan terus menjadi sikap kestria di kalangan generasi muda indonesia sebagai pembela dan penegak kebenaran dan keadilan bagi masyarakat dan bangsa.


j. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi
   generasi muda dapat berperan secara bedaya guna dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi bila secara guna dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi bila secara fungsional dapat dikembangkan sebagai transformator dan dinamisator terhadap lingkungannya.






Tujuan pokok sosialisasi :


a. Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan)yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
b. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya.
c. Pengendalian funsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
d. Bertingkah laku selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan masyrakat umumnya.







....::::STUDI KASUS::::...






HAL – HAL YANG MEMPENGARUHI TIMBULNYA KENAKALAN REMAJA





1. PENGGUNAAN WAKTU LUANG


Kegiatan di masa remaja sering hanya berkisar pada kegiatan sekolah dan seputar usaha menyelesaikan urusan di rumah, selain itu mereka bebas, tidak ada kegiatan. Apabila waktu luang tanpa kegiatan ini terlalu banyak, pada si remaja akan timbul gagasan untuk mengisi waktu luangnya dengan berbagai bentuk kegiatan. Apabila si remaja melakukan kegiatan yang positif, hal ini tidak akan menimbulkan masalah. Namun, jika ia melakukan kegiatan yang negatif maka lingkungan dapat terganggu. Seringkali perbuatan negatif ini hanya terdorong rasa iseng saja. Tindakan iseng ini selain untuk mengisi waktu juga tidak jarang dipergunakan para remaja untuk menarik perhatian lingkungannya. Perhatian yang diharapkan dapat berasal dari orangtuanya maupun kawan sepermainannya. Celakanya, kawan sebaya sering menganggap iseng berbahaya adalah salah satu bentuk pamer sifat jagoan yang sangat membanggakan. Misalnya, ngebut tanpa lampu dimalam hari, mencuri, merusak, minum minuman keras, obat bius, dan sebagainya.Munculnya kegiatan iseng tersebut selain atas inisiatif si remaja sendiri, sering pula karena dorongan teman sepergaulan yang kurang sesuai. Sebab dalam masyarakat, pada umunya apabila seseorang tidak mengikuti gaya hidup anggota kelompoknya maka ia akan dijauhi oleh lingkungannya. Tindakan pengasingan ini jelas tidak mengenakkan hati si remaja, akhirnya mereka terpaksa mengikuti tindakan kawan-kawannya. Akhirnya ia terjerumus. Tersesat.




....::::OPINI::::....





Oleh karena itu, menurut saya orangtua hendaknya memberikan pengarahan yang berdasarkan cinta kasih bahwa sikap iseng negatif seperti itu akan merugikan dirinya sendiri, orangtua, maupun lingkungannya. Dalam memberikan pengarahan, orangtua hendaknya hanya membatasi keisengan mereka. Jangan terlalu ikut campur dengan urusan remaja. Ada kemungkinan, keisengan remaja adalah semacam ‘refreshing’ atas kejenuhannya dengan urusan tugas-tugas sekolah. Dan apabila anak senang berkelahi, orang tua dapat memberikan penyaluran dengan mengikutkannya pada satu kelompok olahraga beladiri.

Mengisi waktu luang selain diserahkan kepada kebijaksanaan remaja, ada baiknya pula orangtua ikut memikirkannya pula. Orangtua hendaknya jangan hanya tersita oleh kesibukan sehari-hari. Orangtua hendaknya tidak hanya memenuhi kebutuhan materi remaja saja. Orangtua hendaknya juga memperhatikan perkembangan batinnya. Remaja, selain membutuhkan materi, sebenarnya juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang.

1 komentar:

Rinald dwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar